Usir Nyeri Menstruasi, 5 Tips Mujarab Bisa Kamu Jadikan Solusi

image - infeed

Menstruasi sering jadi masa yang kurang nyaman buat perempuan. Pasalnya setiap bulan, tidak jarang muncul rasa nyeri yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Supaya tak sampai mengganggu aktivitas harian, kamu bisa menerapkan tips mujarab berikut ini.

Kompres Pakai Air Hangat

Mengompres perut atau pinggang dengan air hangat dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Basahi handuk dengan air panas dan letakkan di atas perut atau pinggang. Bisa juga mengisi botol dengan air hangat lalu kompreskan ke daerah perut hingga rasa sakit berangsur menghilang. Cara sederhana ini dapat membantu merelaksasi otot uterus atau rahim yang berkontraksi sehingga dapat mengatasi nyeri haid.

Jaga Pola Makan

Memiliki pola makan yang bergizi juga dapat mengatasi nyeri saat menstruasi. Kurangi lemak dan tingkatkan konsumsi sayuran untuk membantu mengatasi rasa sakit yang timbul selama periode bulanan tersebut.

Selain itu, situs Hellosehat juga merekomendasikan makanan yang kaya kalsium seperti produk berbasis susu, almond, dan sayuran berdaun hijau untuk mengurangi kram otot saat haid. Jangan lupa untuk menghindari makanan-makanan yang justru dapat mempengaruhi rasa sakit saat menstruasi, seperti makanan tinggi lemak, minuman bersoda, hingga kafein.

Melakukan Olahraga Ringan

Biasanya, mens yang datang jadi alasan untuk bermalas-malasan. Padahal olahraga ringan dapat membantu mengurangi rasa nyeri dengan memperlancar peredaran darah dan meningkatkan produksi hormon endorphin. Pilih aktivitas fisik yang ringan seperti berjalan-jalan atau yoga yang dapat meningkatkan mood dan membantu relaksasi tubuh.

Cukup Minum Air Putih

Ini saatnya mengurangi asupan kopi dan menggantinya dengan cukup minum air putih untuk mengurangi nyeri yang timbul saat haid. Minum air putih hangat dapat mengatasi kram karena cairan hangat akan meningkatkan peredaran darah ke kulit dan membantu merelaksasi otot yang kram.

Rutin Mengonsumsi Tanaman Herbal

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan mengonsumsi tanaman herbal untuk meringankan berbagai macam gangguan kesehatan. Nggak terkecuali nyeri haid. Setidaknya ada beberapa jenis tanaman herbal yang dapat meringankan dan mengurasi rasa tidak nyaman selama haid berlangsung, seperti kunyit, asam jawa tapak liman, dan daun jambu biji.

Kunyit misalnya dikenal sebagai obat mujarab untuk nyeri yang timbul saat menstruasi. Zat curcuminoid yang mengandung vitamin B1 membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengganti kekurangan darah saat haid.

Asam jawa juga dapat dikonsumsi untuk menghilangkan mual dan meredakan nyeri berkat kandungan asam amino dan flavonoid. Selain itu, daun tapak liman yang banyak ditemukan di tanah terbuka ini juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengurangi nyeri haid. Tak ketinggalan, daun jambu biji yang sering dimanfaatkan untuk anti diare dan mempercepat penyembuhan luka, ternyata juga dapat membantu mengurangi nyeri saat haid datang.

Ingin merasakan sendiri khasiat dari tanaman herbal di atas? Sekarang kamu nggak perlu repot lagi, karena manfaat dari tanaman herbal tersebut dapat diperoleh dengan mengonsumsi Sangobion Femine Menstrupain. Dengan khasiat kunyit, asam jawa, tapak liman, dan daun jambu biji di dalamnya dapat membantu mengurangi rasa nyeri, mengurangi rasa tak nyaman dan melancarkan menstruasi.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Sahabat Wahdaniyah , ikuti tips sehat herbal menarik disini Pandu Herbal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *