7 Peninggalan Sejarah Islam Yang Hebat

Kalau kita berbicara tentang sejarah Islam tentunya akan mendapatkan begitu banyak peninggalan-peninggalan yang besar dan hebat. 14 abad umat Islam telah melakoni kehidupan yang membentuk peradabannya. Ini tentunya membuatnya berada pada pencapaian-pencapaian tertentu.
Alquran dan Sunnah Rasul tentu tidak bisa disetarakan dengan apapun di dunia ini dan tidak bisa disebut sebagai peninggalan, karena keduanya masih dipakai sebagai petunjuk muslim. Sehingga Keduanya bukan yang kami maksudkan disini.
Dari begitu banyak peninggalan sejarah Islam berikut ini kami sebutkan 7 diantaranya yang bisa disebut peninggalan besar dan hebat.

1. Universitas Al Qarawiyyin

universitas alqarawiyin Fez maroko
Universitas AlQarawiyyin atau Jami’ah AlQarawiyyin berada di kota Fez Maroko yang didirikan pada 859 M. Pada tahun 1998, Guiness World of Record menempatkan universitas ini sebagai Universitas tertua dan pertama yang menawarkan gelar kesarjanaan. Cikal bakal universitas ini berasal dari aktivitas diskusi yang digelar di Masjid antara penduduk setempat dan juga para pendatang yang berasal dari Qairawan atau Tunisia. Selain itu juga digunakan sebagai tempat untuk membahas perkembangan politik. Lambat laun apa 
yang dibahas mencakup berbagai macam bidang ilmu.

2. Benteng AlHambra, Granada Spanyol

benteng alhambra spanyol andalusia
Kota Granada merekam jejak peradaban Islam yang gemilang di Eropa. masih banyak bekas peninggalan dinasti Umayah II yang masih berdiri di kota Granada, salah satunya adalah Istana dan Benteng Al Hambra. Benteng ini menjadi salah satu tujuan wisata utama di Spanyol, karena keindahan arsitekturnya yang khas.

Baca Juga Tentang
a. Sejarah Islam Lengkap – Rujukan Online
b. Daftar Isi Sejarah Peradaban

3. Masjidil Haram

masjdil haram peninggalan sejarah Islam terhebat
Masjidil Haram adalah masjid dimana Ka’bah berdiri yang menjadi tempat suci umat Islam. Masjid ini menjadi masjid terbesar dan tersuci di Dunia. selama 24 jam terus menerus masjid ini tidak pernah sepi dari orang beribadah. Dan tentunya akan begitu ramai saat musim ibadah Haji. Kesucian dan kesibukannya membuat masjid ini terus menerus dipugar untuk mendukung kenyamanan Ibadah Haji.

4. Mushaf Alquran tertua di Uzbekistan

mushaf alquran tertua di dunia
Sebuah mushaf Ustmani, AlQuran Tertua di Dunia masih tersimpan di sebuah perpustakaan di wilayah Hasimam, sebuah tempat yang cukup jauh dari hiruk pikuk kota dan pengunjung. Namun halaman dari Mushaf tertua ini hanya tersisa sekitar 250 lembar. Didekatnya terdapat sebuah masjid yang menyimpan berbagai macam peninggalan Islam  di Asia tengah. 

5. Ilmu Kedokteran Ibnu Sina

kitab kedokteran kuno - ibnu sina
Ibnu Sina adalah seorang ilmuwan dan filsuf abad ke 10 Masehi yang banyak disebut sebagai bapak ilmu kedokteran modern. Di Barat dikenal dengan nama Avicena. Salah satu peninggalan monumental Ibnu Sina adalah kitab Qanun fi Altib, atau sering disebut The Canon of Medicine. Kitab ini menjadi rujukan kedokteran selama berabad-abad hingga abad 17. Avicena lahir dari kota Afsyanah di wilayah Uzbekistan saat ini.

6. Pedang tertajam Di Dunia

pedang tertajam di dunia - pedang damaskus
Saat perang salib pasukan eropa dikejutkan oleh pedang yang mampu menembus baju zirahnya. Pedang ini adalah pedang Damaskus. Cirinya dapat terlihat pada pola tanda air mirip seperti keris. Setelah diteliti oleh para ilmuwan ditemukan adanya karbon nanotube pada pedang Damaskus. Tanpa disadari pembuatannya menggunakan menggunakan teknologi nano saat menempa pedang.

7. Sistem Aljabar

kitab kuno aljabar alkhawarizmi
Sebelumnya perhitungan matematika masih terbilang rumit dan tidak praktis. Simbol angka-angka masih menggunakan angka romawi. Di dunia Islam ilmu-ilmu matematika kuno dari romawi dan persia serta India dikembangkan hingga munculah ilmu matematika dengan sistem Aljabar.

Mari Sejenak Kita Baca Sepenggal Tulisan di Fanspage Islamwiki berikut ini:

Itulah 7 diantara peninggalan Islam yang hebat. Dan jika kita mencoba mengaitkannya satu sama lain, akan tampak satu benang yaitu Ilmu Pengetahuan. Karunia Allah kepada manusia di bumi adalah Ilmu Pengetahuan. Dengan Ilmu manusia dapat berkuasa di muka bumi ini. Begitu pentingnya ilmu dalam Islam, sehingga banyak kitab yang menjadikannya Ilmu sebagai bab tersendiri. Seperti Kitab Hadits Bukhari yang salah satu babnya membahas tentang hadits-hadits yang berhubungan dengan ilmu. (sumber: onthespot – trans7(tv))

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *