Tak Mau Bibir Menghitam? Hindari 9 Kebiasaan Buruk yang Sering Dilakukan Wanita

Penampilan wajah menjadi salah satu hal yang paling penting bagi wanita. Salah satu bagian wajah yang cukup sering diperhatikan adalah bibir.

Pada dasarnya, bibir wanita berwarna cerah atau merah muda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tidak sedikit wanita yang bibirnya mengalami penggelapan.

Bagi wanita, bibir gelap bisa menjadi sesuatu yang cukup mengganggu. Oleh sebab itu, biasanya banyak wanita yang merasa kesal ketika bibirnya menghitam karena merasa tidak percaya diri.

Tapi tidak banyak yang menyadari jika kita juga berpotensi menyebabkan bibir mengalami penggelapan, karena kebiasaan buruk yang kita miliki. Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan warna bibir berwarna gelap:

1. Bibir Menjadi Gelap karena Sering Dijilat dan Digigit

Tidak dapat dipungkiri jika para wanita sering melakukan kebiasaan satu ini. Kalian mungkin beranggapan, dengan menjilat bibir dapat membuatnya menjadi lembab. Namun rupanya kebiasaan ini memiliki dampak yang sangat buruk bagi bibir jika dilakukan secara terus-menerus, sebab bibir akan menjadi lebih gelap.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, kebiasaan menggigit bibir dapat memicu terjadinya pigmentasi pada bibir yang menyebabkannya menjadi gelap. Begitu pula dengan kebiasaan menjilat bibir dapat membuat bibir menjadi kering. Hal ini disebabkan karena air liur akan menempel pada permukaan bibir, hingga membuatnya pecah-pecah dan kusam.

2. Tidak Menggunakan Pelembab Sebabkan Bibir Berwarna Gelap

Memiliki bibir yang kering dan pecah-pecah dapat menyebabkan perubahan warna pada bibir, termasuk menggelapnya kulit. Kulit bibir juga selalu terbuka, sehingga kelembapannya mudah sekali hilang, terlebih jika cuaca sedang panas. Karena itulah, tidak menggunakan pelembab juga bisa membuat bibir menghitam.

Karena itu, salah satu yang kalian butuhkan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan pelembab. Agar bibir tetap sehat, oleskan pelembab pada bibir secara rutin. Kalian dapat memilih pelembab yang mengandung cocoa butter atau shea butter. Selain lip balm, kalian juga bisa menggunakan lip scrub agar bibir tetap sehat yang dapat kalian gunakan.

3. Dehidrasi Bisa Bikin Bibir Menghitam

Cairan menjadi kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh, termasuk bibir. Karena itu, kekurangan cairan dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Jika sudah begini, maka warna bibir akan mulai menghitam secara perlahan.

Jika tidak ingin bibir kalian menghitam karena kekurangan cairan, maka kalian harus mengonsumsi air putih dengan cukup. Terlebih jika aktivitas sehari-hari kalian banyak dihabiskan di ruangan ber-AC, jangan sampai kekurangan cairan ya.

4. Sering Terpapar Sinar Matahari Bikin Bibir Menghitam

Seperti bagian kulit lainnya, terpapar sinar matahari secara berlebihan juga bisa berdampak buruk pada kulit bibir. Sebab bibir akan menjadi kusam dan menghitam jika terlalu sering terkena sinar matahari. Hal ini disebabkan karena sinar matahari dapat menyerap kelembapan alami bibir, sehingga bibir akan menjadi pecah-pecah dan menghitam.

Maka dari itu, jika kalian banyak menghabiskan waktu di luar dan sering terpapar sinar matahari, jangan lupa menggunakan tabir surya ya. Pilih lip balm yang memiliki SPF 30 setiap kali akan keluar rumah, agar bibir kalian terlindung dari sinar UV.

5. Merokok Menyebabkan Bibir Hitam

Seperti yang kita ketahui, merokok memiliki banyak dampak buruk bagi kesehatan, tak terkecuali pada bibir. Setelah menghirup asap rokok, zat nikotin dan tar akan merusak warna alami pada bibir dan menyebabkan perubahan warna. Sebab zat tersebut membuat pigmen melanin pada bibir menebal dan membuatnya berwarna hitam.

Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menimbulkan kerutan pada bibir. Nah, jika ingin bibir kalian tetap sehat dan merah merona, segera hentikan kebiasaan ini ya. Karena dengan berhenti merokok, kekusaman dan penggelapan pada bibir bisa berkurang dan tidak semakin parah.

6. Penggunaan Lipstik yang Kedaluwarsa dan Tertinggal di Bibir

Penggunaan lipstik seolah menjadi kebutuhan wajib bagi para wanita. Namun lipstik yang tidak sesuai atau kedaluwarsa justru akan berakibat buruk pada kulit bibir. Kandungan bahan kimia di dalam kosmetik ini dapat memicu terjadinya iritasi dan membuat bibir semakin menghitam.

Karena itu, kalian juga harus teliti ketika membeli setiap produk kosmetik dengan memeriksa tanggal kedaluwarsa dan kandungan bahan di dalamnya. Kalau bisa, gunakan lipstik yang mengandung bahan mineral dan bersihkan sisa lipstik di bibir dengan benar. Selain itu, kalian juga bisa mengatasi bibir gelap akibat penggunaan lipstik dengan scrub alami ini.

7. Anemia Bisa Bikin Bibir Gelap

Seseorang dapat mengalami anemia ketika jumlah sel darah merahnya lebih rendah dari ukuran normal. Gejala penyakit ini biasanya berupa kelelahan, kulit pucat, sesak nafas, pusing hingga jantung berdegup kencang. Namun rupanya anemia juga dapat menyebabkan bibir menghitam, sebab penyakit ini dapat menyebabkan kekurangan hemoglobin. Sehingga jika kekurangan zat ini, beberapa warna kulit akan mengalami perubahan, termasuk menghitamnya bibir.

Untuk menghindarinya, pastikan kebutuhan zat besi kalian terpenuhi ya. Kalian juga bisa mengonsumsi vitamin B12, C dan makanan yang kaya akan asam folat. Dan ada baiknya jika kalian berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk menyembuhkan penyakit ini.

8. Bibir Menghitam karena Sering Konsumsi Minuman Berkafein

Minum teh atau kopi terkadang dapat membawa pengaruh positif bagi tubuh dan pikiran. Namun kedua minuman ini mengandung kafein dan kalian harus memperhatikan frekuensi dalam mengonsumsinya. Karena kafein yang terdapat di dalam teh maupun kopi dapat membuat warna bibir kekuningan dan lambat laun akan menjadi gelap.

Karena itu, ada baiknya jika kalian membatasi konsumsi kopi dan teh, maksimal satu kali setiap hari. Atau kalian juga bisa mengganti kebiasaan ini dengan mengonsumsi infused water. Karena selain lebih sehat, cara ini juga dapat menjaga warna alami pada bibir.

9. Kekurangan Vitamin C Buat Bibir Gelap

Salah satu manfaat vitamin adalah membantu proses metabolisme dalam tubuh dan sumber nutrisi untuk kulit, karena itulah perannya sangat penting. Vitamin juga dapat menjaga warna alami kulit bibir dari dalam. Sehingga ketika tubuh kekurangan vitamin, bibir dapat berubah warna menjadi lebih gelap.

Untuk mencegah hal ini terjadi, pastikan kebutuhan vitamin kalian terpenuhi ya. Kalian bisa mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin C. Kalian juga bisa menggunakan air perasan lemon yang ditambah dengan madu untuk dioleskan pada bibir. Karena kandungan anti oksidan di dalamnya dapat membantu meregenerasi sel kulit baru pada bibir dan membuat warnanya tampak lebih cerah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *