Cara Hidup Sehat Ala Nabi – Khasiat Dasyat Air Rendaman Kurma Atau Kismis (Nabeez)

Pernah dengar Rendaman Kurma? Mungkin ada yang sudah tahu dan ada yang baru tahu saat ini ya.

Yang jelas, telah banyak penelitian dan menyepakati bahwa Air rendaman Kurma sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Air Rendaman kurma ini dalam bahasa Arab sering disebut dengan Nabeez Water.
Air Nabeez ini adalah minuman favorit Nabi Muhammad Sallallaho Alaihi Wasallam.

Air ini merupakan tonik alkali, menghilangkan keasaman dari lambung & sisa metabolisme lainnya dari tubuh. Dengan minum rutin Nabeez dapat meningkatkan pencernaan & memori, memperbaiki masalah limpa, hati, tenggorokan, dada & prostat & juga akan membantu pasien Arthritis & asam urat. Air yang berkhasiat energik & meremajakan, dan InsyaAllah akan menyehatkan tubuh Anda atas Rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.

Apa sih sebenarnya Air Nabeez ini? 

Ini tidak lain adalah merendam kismis atau kurma semalaman dan meminumnya di pagi hari. ketika ini menjadi kebiasaan Nabi dan dihormati sebagai salah satu minuman favorit Nabi Muhammad Sallallaho Alaihi Wasallam, itu akan menjadi Shifa’ (Obat), berkah & rahmat dari harta Allah.

Tata Cara Penyiapan

Setelah sholat Isya, rendam sekitar 100 gram kismis dalam 1 liter air minum / sehat, jaga agar alat tetap tertutup.
(Kismis jenis Manaqqa adalah varietas terbaik untuk membuat Nabeez, tetapi jenis lain juga dapat digunakan). Pagi berikutnya, Anda bisa minum air & memakan buahnya yang basah, ATAU cukup gunakan blender Anda (air + buah yang basah) untuk mendapatkan NABEEZ yang keruh.

Dan jika Anda merendam buah di pagi hari, minumlah di malam hari.
Nabeez harus dikonsumsi dalam waktu 12 jam dari waktu perendaman, tetapi jika disimpan di udara dingin di dalam kulkas, ia tidak akan rusak selama 2-3 hari Insya Allah. Menjadi lebih manis di kulkas setelah 24 jam. Sajikan NABEEZ dingin untuk tamu Anda; alih-alih teh, kopi, jus & soda, & beri tahu mereka keindahan Sunnah.

 Meskipun Manaqqa adalah varietas terbaik untuk membuat Nabeez, tetapi kismis hitam juga dapat digunakan, warna-warna itu tidak Diciptakan tanpa alasan, jadi selalu lebih baik untuk terus mengganti diet dengan warna & selera baru.

JANGAN MENCAMPUR KURMA DAN KISMIS SAAT MEMBUAT NABEEZ

Hadits
Dari Sunan Abu Dawud – Kitab Minuman

Dikisahkan Ad-Daylami:

Kami datang kepada Nabi (Sallallaho AlaihiWasallam) dan berkata kepadanya: Ya Rasulullah, Anda tahu siapa kami, darimana tempat kami dan kepada siapa kami telah datang. Beliau berkata: Kepada Allah dan Rasul-Nya. Kami berkata: Ya Rasulullah, kami memiliki anggur; apa yang harus kami lakukan dengannya? Berliau berkata: Jadikanlah itu kismis. Kami kemudian bertanya: Apa yang harus kami lakukan dengan kismis? Beliau jawab: Jaga itu (Kismis) di pagi hari dan minum di malam hari, dan siapkan itu di malam hari dan minum di pagi hari. Rendam dalam wadah kulit dan jangan masukkan ke dalam wadah tanah, karena tertunda saat ditekan, itu menjadi cuka.

Diceritakan oleh Aisha, Ummul Mu’minin:
Amrah mengatakan berdasarkan riwayat Aisyah bahwa Dia Aisyah Rodiyallahu ‘anha menyiapkan Kurma untuk Rasulullah (Sallallaho Alaihe Wasallam) di pagi hari.
Ketika malam tiba, belaiau makan malam dan meminumnya setelah makan malam. Jika ada yang tersisa, dia menuangkannya. Dia kemudian menyiapkan untuknya di malam hari. Ketika pagi datang, Beliau mengambil makan pagi dan meminumnya setelah makan pagi.

Aisyah berkata: Bejana Kulit (Qirbah) dicuci di pagi dan sore hari. Ayah saya (Hayyan) berkata kepadanya: Dua kali sehari? Dia berkata ya.

Sumber: radioislam.org.za

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *