Cara Mengatasi Varises Secara Medis, Wajib Tahu!

Cara Mengatasi Varises Secara Medis, Wajib Tahu!
Yuk simak informasi mengenai cara mengatasi varises berikut ini.

 

Varises kerap terjadi di kaki pada sebagian masyarakat. Tidak hanya dapat terjadi di Indonesia saja, varises tentu saja dapat terjadi kepada siapa saja di seluruh dunia.

Varises merupakan suatu kondisi dimana pembuh vena melebar dan berkelok-kelok. Varises menjadi sangat tidak nyaman karena pembuluh vena yang berkelok tersebut muncuk ke permukaan kulit.

Selain membuat rasa tidak nyaman, varises juga bisa memunculkan rasa sakit bagi penderita serta menjadi permasalahan pada kecantikan.

Varises dapat bertambah parah apabila tidak ditangani dengan tepat dan baik. Parahnya varises ini bisa mengakibatkan terjadi pendarahan dan membentuk bekuan darah pada varises itu.

Bahkan, apabila terus dibiarkan dan tidak ditangani secara tepat, varises bisa menyebabkan kanker loh Sahabat Dream.

Tentu saja kalian tidak ingin mengalaminya kan? Untuk itu, berikut informasi mengenai cara mengatasi varises yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Simak informasi berikut ini:

Cara Mengatasi Varises: Medis

1.    Operasi Laser

 Cara Mengatasi Varises secara Medis, Amankah?

Operasi laser lebih diperuntukkan bagi seseorang yang menderita varises dalam bentuk yang kecil. Cara mengatasi varises dengan operasi laser hanya menggunakan cahaya dengan kekuatan tertentu yang bertujuan untuk mengecilkan varises di tubuh.

Cara ini sama sekali tidak membutuhkan pembiusan kepada sang penderita sebab cara ini tidak membutuhkan pemotongan pembuluh vena.

Dengan Mikroskleroterapi

2.    Mikroskleroterapi

Selain dengan operasi laser, penderita varises dengan ukuran kecil atau sedang bisa menggunakan cara mikroskleroterapi.

Perbedaannya adalah pada teknik ini dokter akan menyuntikan obat ke dalam vena menggunakan jarum yang sangat tipis.

Obat itu yang nantinya akan membantu memunculkan jaringan parut dalam pembuluh darah agar varises dapat tertutup.

Sayatan Kecil

3.    Flebektomi

Teknik ini akan dimulai dengan membuat sayatan kecil di kulit. Dengan adanya sayatan itu nantinya sang dokter akan membuang varises yang ada di tubuh kalian.

Tentu saja, bagi kalian yang menggunakan cara ini akan mendapatkan pembiusan lokal. Setelah melakukan flebektomi, Sahabat Dream bisa langsung pulang loh.

Buat yang Agak Parah

4.    Mengelupas vena

Melakukan pengelupasan vena hanya untuk para penderita varises yang sudah dianggap parah oleh para dokter. Pada metode ini, vena yang panjang akan diambil dan dibuang oleh para dokter.

Dimulai dengan membuat sayatan atau luka kecil di kulit, tentu saja para pasien akan mendapatkan pembiusan total oleh sang dokter. Waktu pemulihan menggunakan teknik ini terbilang cukup lama sekitar 1-4 minggu.

Teknik Terakhir

5.    Bedah endoskopi vena

 Cara Mengatasi Varises secara Medis, Amankah?

Ini merupakan teknik terakhir yang akan digunakan para dokter apabila varises sudah sangat parah dan telah menimbulkan luka. Proses ini diawali sama seperti teknik sebelumnya yaitu membuat sayatan kecil pada kulit yang terkena varises.

Kemudian sang dokter akan memasukkan tabung kecil yang memiliki kamera diujungnya. Untuk menutup luka tersebut, terdapat di ujung tabung yang lain pada perangkat medis tersebut.

Para penderita yang melakukan prosedur ini bisa kembali melakukan aktivitas setelah beberapa minggu.

Cara Mengatasi Varises: Non-Medis

Bagi kalian yang memiliki varises tidak terlalu parah, bisa mencoba cara mengatasi varises secara alami sebagai berikut:

 Cara Mengatasi Varises secara Medis, Amankah?

  • Lakukan pijatan dengan menggunakan minyak jarak.
  • Biasakan melakukan pola makan sehat.
  • Sering melakukan peregangan seperti mengangkat kaki ke atas
  • Rajin berolahraga
  • Menjaga keseimbangan berat badan
  • Menggunakan sepatu atau sandal yang tidak terlalu tinggi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *