Begini Cara Pakai Masker Pelindung yang Tepat

Begini Cara Pakai Masker Pelindung yang Tepat

Masker merupakan salah satu pelindung yang digunakan untuk mencegah penyebaran penyakit. Penutup warna hijau atau biru yang hanya menutupi hidungdan mulut ini biasanya memiliki tali untuk disangkutkan ke belakang telinga.

Dengan memakai masker wajah, setidaknya penyebaran bibit penyakit bisa diminimalisir. Mereka yang sedang batuk, bersin-bersin atau flu, sebaiknya memakainya agar penyakit tidak mudah menyebar ke orang lain.

Sebagai Langkah Pencegahan

Tahukah Sahabat bahwa masker wajah tidak hanya berfungsi mencegah menularnya penyakit? Masker juga membuat tubuh jadi tak rentan penyakit. Terutama karena paparan virus dan bakteri di udara.

Biasanya seseorang memakai masker wajah dengan menggunakan sisi yang sama untuk mencegah penyakit maupun menangkalnya masuk ke dalam tubuh. Ada trik khusus untuk menggunakannya.

Ini Cara Memakai Masker Wajah yang Benar

Seorang pengguna Facebook asal Filipina, Janine Lorico Espinas, menunjukkan cara memakai masker wajah yang benar. Menurutnya, jika bagian masker wajah yang berwarna putih menempel di wajah, artinya kamu mencegah penyakit agar tidak menyebar ke lingkungan sekitar.

Cara menggunakan masker yang seperti ini bertujuan untuk mencegah penyakit keluar agar tidak menular kepada orang lain. Namun, jika bagian masker wajah yang berwarna putih di luar, itu artinya kamu melindungi dirimu dari lingkungan sekitar.

” Yaitu untuk melindungi diri dari penyakit agar tidak masuk ke dalam tubuh,” tulis Janine.

Jika bagian putih menempel pada wajah, itu artinya kamu sedang sakit. Kamu tidak mau menularkan penyakit kepada orang lain. Sebaliknya jika yang berwarna hijau atau biru yang menempel wajah, artinya kamu melindungi dirimu agar tidak tertular penyakit.

Cuci Tangan Sebelum Memakai Masker

Menurut laman Quora, sebaiknya kamu membersihkan tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer sebelum memakai masker untuk memastikan bahwa masker tersebut bebas dari kontaminasi apapun.

Agar lebih aman, kamu tidak boleh memakai masker yang sudah pernah digunakan, apalagi dipakai orang lain.

Cara Melepas Masker

Untuk melepas masker, bersihkan tangan terlebih dahulu dengan air dan sabunatau hand sanitizer. Sebaiknya tidak menyentuh bagian masker wajah yang menempel pada wajah. Karena bagian tersebut akan mengandung kuman.

 

Cara melepas masker wajah yang benar adalah dengan melepas kedua tali yang disangkutkan pada kedua telinga. Jangan sentuh bagian yang menutupi hidung. Langsung buang masker ke tempat sampah di luar ruangan.

Terapkan 3 Kebiasaan Ini Agar Tak Mudah Terkena Flu

Musim hujan seperti sekarang, membuat tubuh harus cepat beradaptasi dengan perubahan cuaca. Dalam kondisi ini daya tahan tubuh bisa menurun drastis. Virus flu pun dengan mudah menyerang.

Untuk itu penting memperhatikan kebiasaan sehari-hari. Demi membuat tubuh selalu fit dan terhindar dari flu, coba terapkan tiga langkah ini.

Selalu cuci jempol tangan

Saat mencuci tangan kita cenderung hanya menggunakan sabun dan membilas sekenanya. Menurut Carolyn Forte, dari Institute Cleaning Lab, saat mencuci tangan kita harus mencuci jempol dengan sangat bersih.

Pasalnya, jempol merupakan bagian yang paling sering menyentuh sesuatu (keypad ponsel). Jadi jangan pernah mengabaikan hal itu.

Jangan letakkan barang di lantai

Menaruh barang, seperti tas, dompet, dan ransel, di lantai merupakan kebiasaaan yang harus dihindari. Apalagi meletakaannya di toilet karena hal itu akan mengundang kuman untuk berada di barang-barang tersebut. Saat kita memegangnya makan dengan mudah memapari wajah.

Minum yogurt secara rutin

Mungkin Anda selalu mengandalkan vitamin atau minuman kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap virus. Sebenarnya ada cara yang lebih nikmat, yaitu mengonsumsi yogurt secara teratur.

Sebuah penelitian di Canadian Medical Association Journal menunjukkan bahwa probiotik dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan bagian atas. Untuk itu minumlah yogurt lebih sering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *