Namun ada beberapa pendapat yang menyatakan

bahwa buah tersebut juga sebenarnya ada di bumi, dan juga ada pula yang meyakini bahwa buah tersebut adalah anggur, apel, dan lain sebagainya. Namun sayangnya pendapat ini tidak bisa di buktikan nyatanya karena dalam Alquran sendiri tidak pernah mendeskripsikan wujud buah tersebut, namun meski demikian buah Khuldi ini memiliki fakta-fakta yang mungkin belum kamu ketahui.

Merupakan buah terlarang.

Seperti yang kita tahu meski di surga tersedia apapun, tapi Allah memberikan pengecualian bagi Adam dan Hawa dimana keduanya dilarang untuk mendekati pohon buah khuldi apalagi memakannya, namun karena terpedaya oleh iblis keduanya malah melanggar perintah Allah ini.

Nama Khuldi adalah pemberian iblis.

Sebenarnya allah sama sekali tidak menyebutkan nama jenis pohon terlarang tersebut, Namun nama khuldi sendiri diberikan oleh iblis yang waktu itu berniat menyesatkan adam dan Hawa.

Dimana dia mengatakan kepada Adam dan Hawa bahwa dia akan memberitahu tentang buah yang akan memberikan kerajaan yang tidak akan pernah binasa, akhirnya pun Nabi Adam tergoda dengan rujukan rayuan iblis, terlebih iblis juga mengatakan bahwa alasan mengapa dirinya dilarang mendekati pohon tersebut karena mereka berdua tidak diperbolehkan menjadi kekal, rupanya godaan tersebut menggoyahkan keimanan Adam dan Hawa kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Buah yang membuat Nabi Adam ingin buang hajat.

Ketika Nabi Adam memakan buah tersebut, Nabi Adam merasakan sakit perut dimana sakitnya itu seperti orang ingin buang hajat, padahal lazimnya setiap penghuni surga tidak akan merasa kan hal itu. Surga sendiri merupakan tempat suci dan tidak layak digunakan untuk membuang kotoran, karna ini pula membuat nabi adam kebingungan.

Kemudian Allah berfirman “Di mana kau akan membuangnya? Di atas tempat tidur kah? Tahta? Sungai-sungai atau di bawah pepohonan? Apakah ada tempat yang pantas untuk itu? Maka, turun sajalah ke dunia.” dan itulah alasan mengapa Nabi Adam dan Hawa turun ke bumi meski dosa-dosanya telah Allah maafkan.

Sifat buah khuldi.

Setelah Nabi Adam memakan buah khuldi ia bukan lagi menjadi manusia suci sebagaimana Penghuni Surga pada umumnya, ahli tafsir menyimpulkan bahwa buah tersebut berasal dari bumi dan sifat utamanya Yaitu dapat membuat manusia lupa diri.

Khuldi juga membangkitkan hawa nafsu ragawi yang telah melekat pada unsur tanah yang disebut (Lawamah), yang merupakan sifat-sifat tanah yang notabenenya berasal dari bumi.

Khuldi adalah cobaan dari Allah.

Meski tidak ada penggambaran yang nyata tentang rupa dan rasa buah tersebut, Namun, sejatinya Allah menciptakan buah ini untuk dijadikan sebagai cobaan bagi Adam dan istrinya.

Karena ketaatan kepada Allah adalah harga mati yang harus dimiliki oleh setiap hamba, meski demikian allah telah menggaris takdirkan bahwa manusia akan menjadi khalifah dimuka bumi bukan menjadi khalifah di surga.