Fakta di Balik Film ‘Aladdin’

Fakta di Balik Film ‘Aladdin’

Disney merilis “Aladdin” dalam format aksi nyata yang dibintangi Mena Massoud dan Naomi G Scott. Film ini hadir setelah 27 tahun animasi diterbitkan pada tahun 1992.

Ada sederet fakta menarik di balik cerita film berlatar Timur Tengah ini. Berikut di antaranya:

1. ‘Aladdin’ berusia 309 tahun

‘Aladdin’ merupakan adaptasi dari kumpulan cerita Seribu Satu Malam. Cerita ini menjadi dikenal luas setelah seorang penerjemah asal Prancis menambahkan koleksi cerita rakyat Timur Tengah dari zaman keemasan Islam di 1710.

Kisah Aladdin tersampaikan dari mulut ke mulut. Hingga kini naskah 1001 Malam sendiri belum ditemukan sumber aslinya yang berasal dari Arab.

2. Karakter dalam film ‘Aladdin’ berasal dari film ‘The Thief of Baghdad’

“The thief of Baghdad”, sebuah film Inggris yang dirilis pada tahun 1940,  menampilkan karakter Jaffar, seorang tokoh agung sosok yang keji dan jahat dan Abu, seorang pencuri yang membantu pahlawan Ahmad, seorang Sultan yang jatuh cinta pada Putri dari kota sebrang.

Dalam film animasi dan aksi langsung tahun 1992, Jafar kembali dan digambarkan dengan karakter yang sama, sementara Abu diberikan pada monyet yang menjadi sahabat karib Aladdin.

3. Karakter Genie didedikasikan untuk Robin Williams

Animator dari kisah ‘Aladdin’ (1992) menciptakan sosok Genie menyamakannya dengan Robin Williams. Ia kocak sekaligus lucu dengan gaya stand up comedy yang sering ditampilkan Williams.

4.Penampilan Aladdin disesuaikan dengan penampilan Tom Cruise

Meskipun karakternya diceritakan berasal dari Arab, animator awalnya menggunakan Michael J. Fox sebagai inspirasi untuk penampilannya. Tetapi akhirnya mereka mendasarkan penampilannya pada Tom Cruise.

”Ada kepercayaan diri dengan semua sikap yang ditampilkan Tom Cruise.,” kata pemimpin animator Glen Keane kala itu.

Kini versi live-action film tersebut dibintangi oleh aktor Mena Massoud.

5. Disney mengadakan audisi 2.000 orang untuk peran utama live-action ‘Aladdin’

Disney mengeluarkan seruan casting di seluruh dunia untuk aktor dan penyanyi dari latar belakang Arab atau Asia untuk berperan sebagai Aladdin dan Jasmine.

Ini berlangsung berbulan-bulan karena sulit untuk menemukan mereka yang dapat melakukan keduanya tetapi pada akhirnya Achraf Koutet (aktor asal Belanda), Mena Massoud, dan George Kosturos (American Wrestler) turun ke tiga final untuk Aladdin sementara Naomi Scott dan Tara Sutaria (aktris asal India) adalah dua harapan terakhir untuk Jasmine.

Massoud dan Scott akhirnya berperan dan keduanya melakukan peran tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *