Cegah Kanker Di Usia Remaja Dengan Tips Ini

Cegah Kanker Di Usia Remaja Dengan Tips Ini – Kanker pada remaja mungkin terdengar sedikit canggung tapi kenyataanya saat ini tidak sedikit anak remaja yang sudah divonis menderita kanker. Sayangnya, pada kebanyakan kasus kanker di usia remaja tidak memiliki diketahui penyebabnya, sehingga agak sulit melakukan pencegahan pada semua jenis kanker yang menyerang remaja.

Meskipun demikian, Anda dapat mengikuti beberapa langkah yang dapat mencegah atau mengurangi risiko terkena beberapa jenis kanker. Tidak seperti orang dewasa, faktor lingkungan yang berhubungan dengan gaya hidup tidak dianggap penyebab utama dalam kanker yang menyerang pada usia remaja.

Ketika remaja tumbuh menjadi dewasa, mereka melalui banyak perubahan fisik maupun sosial, yang mana itu baik bagi mereka karena perubahan-perubahan tersebut membuat peluang unik bagi mereka dalam mencegah kanker. Berikut adalah beberapa cara yang berguna untuk menurunkan risiko terkena kanker pada remaja:

Tips Sehat Mecegah Kanker Pada Remaja

kanker remaja mencegah tips sehat cara diusia dini umur cegah

Cegah Kanker Di Usia Remaja Dengan Tips Ini

Perbanyak Makan Buah Dan Sayuran

Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayuran segar. Buah dan sayuran mengantung zat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kanker. Selain itu, buah dan sayuran juga mengandung kimia alami yang bernama fitokemikal yang dapat melawan kanker.

Lakukan Vaksin

Beberapa jenis vaksin tertentu dipercaya dapat mengurangi resiko terhadap kanker. Misalnya, vaksin HPV diberikan untuk melindungi dari infeksi HPV (Human Papilloma Virus), yakni virus yang memiliki hubungan dengan kanker serviks dan kanker lainnya.

Jaga Kebiasaan Sehat

Mulailah mempraktekkan kebiasaan hidup sehat sedini mungkin, seperti tidak merokok, membatasi minuman alkohol, menjaga berat badan ideal (cobalah untuk melakukan aktivitas fisik setiap hari selama 30 menit), dan melakukan pola makan sehat.  Dengan melakukan kebiasaan tersebut, Anda akan memiliki resiko yang lebih kecil untuk kanker dan juga penyakit lainnya.

Batasi Paparan Matahari Langsung

Hindari terpapar sinar matahari langsung yang berlangsung lama agar terhindar dari kanker kulit. Dan juga, gunakanlah tabir surya yang mengandung SPF minimal 15 setiap kali Anda keluar.

Demikianlah artikel yang berjudul Cegah Kanker Di Usia Remaja Dengan Tips Ini. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca, Semoga menjadi bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah Cegah Kanker Di Usia Remaja Dengan Tips Ini kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *