Bibir sumbing masih sering menjadi kejadian atau masalah yang banyak terjadi dan cukup serius di Indonesia. Beberapa faktor penyebab bibir sumbing ternyata sebagian besar masih banyak dilakukan akibat kebiasaan buruk dari orang tua.

Bibir sumbing merupakan suatu kelainan atau ketidaksempurnaan yang terletak pada bagian bibir. Bayi yang terlahir dengan kondisi seperti ini disebabkan oleh beragam faktor selama proses kehamilan.

Kelainan formasi bibir akibat terganggunya fusi (menyatunya) selama masa pertumbuhan intra uterine (dalam kandungan). Gangguan fusi ini terutama terjadi pada trimester pertama kehamilan yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Faktor gen penyebab bibir sumbing yang dibawa penderita dapat berupa, Mutasi gen dan Kelainan kromosom (75% dari faktor keturunan resesif dan 25% bersifat dominan).

Faktor eksternal penyebab bibir sumbing yaitu faktor usia ibu, obat-obatan, kekurangan asam folat, penyakit infeksi Sifilis, virus rubella, radiasi, stres emosional, Trauma dan kondisi ibu hamil yang mengalami rasa mual dan muntah berlebihan, berisiko melahirkan bayi dengan bibir sumbing.

Berikut beberapa penyebab umum terjadinya bibir sumbing pada bayi, simak

1. Faktor Keturunan

  • Ini adalah salah satu hal yang mungkin jadi penyebab bibir sumbing. Selain itu, faktor lingkungan juga berpengaruh pada risiko bibir sumbing.

2. Penyakit Saat Hamil

  • Mengalami infeksi virus Rubella atau campak saat hamil juga berpotensi menyebabkan cacat pada bibir.

3. Kurang Nutrisi Asam Folat

  • Kurang nutrisi asam folat juga berpotensi untuk memiliki anak berbibir sumbing. Mengonsumsi vitamin tambahan dan banyak makanan bergizi juga penting untuk pencegahan cacat janin.

4. Kebiasaan Merokok

  • Kebiasaan merokok ataupun menjadi perokok pasif karena dapat meningkatkan risiko cacat pada janin termasuk cacat pada bagian bibir.

5. Konsumsi Obat-obatan

  • Obat-obatan yang salah dikonsumsi saat hamil juga berisiko untuk menyebabkan bibir sumbing. Maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun.

Bayi yang cacat sejak lahir karena bibir sumbing bisa disembuhkan dengan jalan operasi bedah. Namun alangkah lebih baiknya jika kita bisa mengantisipasi kecacatan seperti bibir sumbing sebelum kelahirannya ke dunia.

Semoga Bermanfaat.