Peranan hati atau liver sangat penting. Selain berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh (detoksifikasi), liver juga bertanggung jawab dalam sistem pencernaan lainnya. Karena itu liver perlu dijaga tetap sehat supaya bisa terus berfungsi normal.

Beberapa jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan liver sehingga jika liver adalah makhluk hidup, pasti ia akan menangis bahagia karena ia diperhatikan dengan baik.

1. Bawang putih

Banyak yang membenci bawang putih karena baunya yang menyengat. Tapi jangan salah, meski bau, bawang putih ini sangat bagus buat kesehatan liver.

Penelitian tahun 2016 yang terbit dalam jurnal Advanced Biomedical Research menemukan bahwa konsumsi bawang putih bisa mengurangi berat badan dan kadar lemak pada pasien penderita penyakit liver jenis NAFLD (Non-alcoholic fatty liver disease).

Seperti diketahui, kondisi berat badan berlebih dan tingginya kadar lemak bisa menyebabkan gangguan hati. Karena itu, bagi yang membenci bawang putih coba deh mulai sedikit demi sedikit dibiasakan menambahkan bawang putih dalam menu sehari-hari.

2. Buah beri

Jenis buah beri seperti strawberry, blueberry, raspberry, atau cranberry mengandung antioksidan tinggi berupa senyawa polifenol yang mampu melindungi hati dari kerusakan. Tak hanya itu, konsumsi buah beri juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dalam World Journal of Gastroenterology.

3. Jeruk bali

Tak hanya enak saat dibuat rujak, ternyata jeruk bali manfaatnya luar biasa lho buat liver kamu. Hal ini diungkapkan dalam World Journal of Gastroenterology.

Dalam jeruk bali terdapat dua antioksidan utama yaitu naringin dan naringenin. Keduanya mampu melindungi sel-sel hati dari kerusakan hingga mencegah peradangan. Selain itu, konsumsi jeruk bali juga mampu mengurangi lemak pada hati yang berbahaya serta meningkatkan enzim yang merangsang pembakaran lemak.