Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya – Lempuyang adalah tanaman berbatang basah yang tidak berkayu, tingginya bisa sampai 1,80 m. Daunnya bulat panjang, yang berkhasiat adalah rimpangnya yang berada dalam tanah. Meskipun menjalar, ia tidak disebut “ubi jalar” tapi disebut umbi rimpang. Umbi rimpang inilah yang berbau sedap sehingga disebut aromaticum. Tapi, rasanya sangat pahit.
Suku: Zingiberaeae
Kandungan & Manfaat: Pahit, membersihkan darah. Lempuyang mengandung senyawa zerumbon, senyawa yang berkhasiat antikejang, juga memiliki kandungan kimia limonen, yang berbau sedap dan bersifat mengeluarkan gas (karminatif) hasil pencernaan makanan.

Khasiat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Serta Cara Pengolahannya

lempuyang wangi khasiat manfaat kesehatan cara mengolah pengolahan

 

Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya

 

Kegunaan Dan Cara Mengolahnya:

 

  1. Menyembuhkan Kaki Bengkak Sehabis Melahirkan:

    Rimpang lempuyang, cabai jawa, dicuci, dilumatkan. Beri air secukupnya. Peras dengan kain. Airnya diminum.
     /
  2. Menyembuhkan Ambeien:

    3/4 jari lempuyang dicuci, diparut. Tambahkan 2 sendok makan air matang dan garam sedikit. Minum airnya 2x sehari, 1 sendok makan.
    /
  3. Menyembuhkan Kolik Karena Kedinginan:

    1 rimpang lempuyang dicuci, dibakar, dilumatkan bersama 1/2 jari kunyit, 3 rimpang temu kunci, sepotong kayu ules, 5 biji adas, 11 butir ketumbar, 11 butir merica bolong, 20 helai daun poko segar. Semua direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Saring. Diminum 2x sehari, sesudah makan siang dan malam, masing-masing 1/2 gelas.
    /
  4. Menambah Nafsu Makan:

    3 jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 3 sendok teh air. DIminum 3x sehari 1 sendok teh sebelum makan.
    /
  5. Menyembuhkan Anemia:

    Cara I: 3 jari lempuyang dicuci tapi jangan dikupas, lalu diparut. Beri gula aren secukupnya. Rebus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Setelah dingin diminum sekaligus. Ulangi beberapa kali.
    Cara II: 2 jari lempuyang dicuci, dimemarkan, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum 2x sehari, masing-masing 1/2 gelas.
    /
  6. Menyembuhkan Gatal-Gatal:

    Seibu jari lempuyang dicuci, diparut. Beri 1/2 gelas iar. Peras. Biarkan mengendap. Ambil cairannya untuk diminum 1x sehari sampai sembuh.
    /
  7. Menyembuhkan Cacingan:

    Lumatkan 2 jari rimpang lempuyang, 3 bawang merah yang sudah dikupas dan dicuci. Beri air 1/2 gelas. Peras. Minum 2x sehari, 2 sendok makan.

 

Demikianlah artikel yang berjudul Manfaat Lempuyang Wangi Untuk Kesehatan Dan Cara Mengolahnya. Terima kasih telah meluangkan waktu Anda untuk membaca bermanfaat bagi Anda semua. Dan bagikanlah kepada orang lain agar lebih bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *