Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengusirnya

Bau mulut merupakan masalah fisik yang sering menimbulkan ketidak nyamanan saat berinteraksi dengan orang lain. Dalam istilah kedokteran bau mulur disebut halitosis. Bau mulut ditimbulkan oleh proses bakteri yang ada dalam mulut. Hodrogen sulfida merupakan komponen utama yang menyebabkan bau mulut. Bakteri itu bakal menumpuk di potongan-potongan makanan sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi, sehingga jika tidak menggosok gigi bakteri akan semakin banyak sehingga menyebabkan bau mulut.

Agar bau mulut bisa kita hindari, kita perlu mengenali penybabnya dan cara menghindarinya. Penyebab paling umum timbulnya bau mulut yaitu karena penyakit gigi, mulut yang kekurangan air seperti saat berpuasa, pengaruh makanan seperti jengkol, bawang putih atau petai, bisa juga karena pengaruh obat-obatan. Selain itu merokok juga bisa menjadi sebab timbulnya bau mulut.

Berikut ini tips untuk menghindari bau mulut:

Periksa gigi secara teratur

penyebab bau mulut dan cara mengatasinya
Periksa gigi secara berkala ke dokter gigi, bersihkan plak juga karang gigi. Jika kmai punya penyakit tertentu yang berhubungan dengan gigi , konsultasikan ke dokter gigi spesialis.

Gosok Gigi dengan benar

Gogok gigi yang benar atau tepat yaitu dengan teknik gosok gigi selama 2 menit dua kali sehari minimalnya. Disaraknkan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Perlu juga untuk menyikat bagian atas lidah, karena sering bakteri yang membentuk jaringan di atas lidah menyebabkan bau tak sedap.

Perbanyak minum dan makan berserat

Dengan banyak minum air mineral dan makan buah dan sayur berserat, akan merangsang air liur sehingga dapat menghindari bau mulut.

Hindari makanan yang mengandung asam

Setelah makan makanan yang berbau seperti pete, bawang dan jengkol segera menyikat gigi lalu berkumur dengan mouth fresher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *