Waktu Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa

Waktu Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa

Hobi minum kopi harus tetap berjalan walaupun saat bulan Ramadhan, kapan waktunya?

Bagi pecinta kopi tentu tidak akan melewati puasa tanpa minum kopi. Namun ingat cara tepat mengkonsumsi kopi di bulan puasa. Memang, kopi mengandung kafein yang bisa berdampak buruk bagi orang yang mengkonsumsinya.

“Jika kita minum kopi saat berbuka puasa, risikonya asam lambung meningkat, jadi jika minum saat fajar, mengalami mudah dehidrasi.” kata seorang ahli gizi. dr. Rita Ramayulis.


Dia menambahkan bahwa minum kopi tidak kapan saja karena dapat berdampak negatif saat puasa. “Untuk orang yang terbiasa, solusinya, jika Anda ingin terus minum kopi, minum sekitar 1 hingga 2 jam setelah berbuka,” kata Rita. Dia mengatakan bahwa pada saat itu, perut lebih siap sehingga tidak bisa bereaksi terhadap peningkatan asam lambung.

Bagi yang ingin minum kopi, disarankan antara saat berbuka puasa dan makan malam (1 – 2 jam setelah berbuka). “Kopi bukanlah camilan malam karena dapat memengaruhi pola tidur Anda.” katanya. Jumlah kopi yang dikonsumsi adalah 1 hingga 2 cangkir dengan kandungan kafein 50 mg – 200 mg. Ukuran ini tidak berpengaruh negatif bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *