Sebagai ibu kota Jawa Tengah tentu Semarang memiliki beragam obyek wisata. Dengan berlibur ke semerang dapat membuat waktu libur Anda menjadi lebih menyenangkan.

Sebagi provinsi terbesar ke-5 di Indonesia Semarang memiliki neberapa destinasi wisata menarik dan indah yang bisa Anda kunjungi sambil menikmati suasana di kota ini. Karena lokasinya yang strategis, Semarang memiliki potensi yang sangat lengkap, mulai dari pantai hingga, keindahan alamnya, cagar budaya, dan wisata religi yang bakal memanjakan mata Anda.

Berikut 5 destinasi wisata surga-Nya dunia di Semarang

 

1. Candi Gedong Songo

Sejuknya alam pegunungan dan indahnya Gedong Songo begitu memukau. Ditambah dengan cuaca yang seringkali berubah dengan cepat, dari kondisi panas tiba tiba mendung lalu hujan menjadi daya tariknya tersendiri.

Berada di lereng Gunung Ungaran, tepatnya di Candi Gedongsongo, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang dan kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Istilah kata Gedong Songo sendiri berasal dari bahasa Jawa, “Gedong” berarti rumah atau bangunan, “Songo” berarti sembilan. Jadi Arti kata dari Gedongsongo adalah sembilan bangunan.

Harga tiket Rp. 7.000 – Rp. 10.000. Gedong Songo dibuka setiap hari dari hari Senin s/d Minggu mulai pukul 06.00-17.00 WIB.

 

2. Umbul Sido Mukti

Bagi Anda yang bosan dengan padatnya suasana kota dan mencari udara segar, Umbul Sidomukti bisa menjadi destinasi pilihan. Selain alamnya yang indah di sini juga tersedia beragam wahana, seperti Flying Fox, pemandian air panas, dan masih banyak lagi.

Objek wisata alam Semarang ini berlokasi di Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan, kabupaten Semarang dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Di Umbul Sidomukti juga tersedia outbound training, adrenalin games, camping ground, dan pondok wisata. Pemandangan yang disajikan tentu saja masih sangat asri dan alami sehingga benar-benar seperti menyatu dengan alam.

Biaya tiket masuk ke salah satu tempat wisata di Semarang ini sangat terjangkau. Yaitu 4.000 ketika weekdays dan 5.000 saat weekend. Buka setiap hari dari hari Senin/Minggu, mulai pukul 06.00 – 17.00.

 

3. Gardu Pandang Lereng Kelir

Anda tentu tahu betapa populernya kawasan Dlingo Bantul dengan gardu pandangnya yang hits beberapa waktu terakhir ini. Kini tak perlu jauh-jauh, sensasi wisata alam serupa bisa Anda temukan di sekitar Semarang.

Berada di tepi jurang dengan ketinggian 715 di atas permukaan laut, dari sini terlihat pemandangan tanpa batas hamparan hutan hijau, lembah, pegunungan, sampai danau Rawa Pening dan puncak Ungaran.

Datanglah saat dini hari jika ingin melihat pemandangan sunrise yang amat indah. Bahkan tersedia camping ground yang cukup luas jika Anda ingin bermalam di sini menunggu pagi.

Cukup membayar tiket Rp. 5.000 pada hari Senin – Jum’at, dan Rp. 7.000 pada Weekend.

 

4. Watu Gunung Ungaran

Dikenal juga dengan sebutan Kolam Renang Lerep, Watu Gunung Ungaran merupakan sebuah obyek wisata untuk keluarga yang mengusung konsep wisata alam, pegunungan, dan budaya.

Di sini, Anda akan dimanjakan oleh suasana sejuk dan nyaman karena banyaknya pepohonan, sungai dan danau buatan yang yang di sekeliingnya disediakan gazebo-gazebo untuk bersantai atau memancing. Tak hanya itu, ada pula rumah joglo khas jawa yang terlihat adem dengan kolam ikan nan jernih.

Jika Anda ingin berenang, di sini disediakan beberapa kolam renang dengan air yang amat sejuk karena berasal dari sumber mata air alami dengan pinggiran berupa batu-batu alam. Sehingga berenang di sini rasanya seperti berasa di kolam alami.

Harga tiket Rp. 20.000, buka pada hari Senin – Minggu mulai jam 08.00 – 16.00.

 

5. Pantai Maron

Di Pantai Maron sendiri ada sebuah Hutan Mangrove yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pada awalnya dulu, Hutan Mangrove ini adalah yang akan menjaga Pantai dari kerusakan. Lalu lama kelamaan, hutan tersebut menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat bagus. Wisata Hutan Mangrove dan Pantai sendiri terbilang masih baru, namun sudah sangat ramai dikunjungi oleh warga Semarang dan lain-lain.

Tempat wisata pantai ini berada takjauh dari Bandar udara Ahmad Yani. Pantai Maron terletak di Tugurejo, Tugu, Kota Semarang.

Meski memiliki air pantai yang lebih jernih daripada pantai Marina, jalan menuju pantai di Semarang ini masih jelek. Tempat wisata ini buka dari jam 09.00 hingga 17.00 dengan harga tiket Rp. 5.000.