Teori Politik Islam, Rujukan Bagi Pemikir dan Politikus Islam

Sebuah Buku Membahas Pemikiran Politik Islam

Bagi Anda para pengkaji ilmu-ilmu Islam, para dosen dan juga pembaca umum, khususnya yang sangat tertarik dengan dunia politik, patut kiranya untuk menjadikan buku berjudul Teori Politik Islam, sebagai bahan bacaan, pemikiran dan kajian dalam bidang politik. 
Buku Karya  M. Dhiauddin Rais ini, lahir disebabkan kegundahan penulisnya ketika mempelajari Ilmu Politik. Teori-teori politik yang dipelajari sebelumnya adalah teori-teori yang berasal dari pemikiran Yunani, Romawi dan pemikirian sejenis di Eropa. Ia bertanya-tanya, di manakah kedudukan pemikiran Islam dalam konteks pemikiran politik universal ini? Bukankah dalam Islam ada pemikir-pemikir politik? Bukankah Islam telah menghasilkan pemikiran politik? inilah yang menjadi sebab ia mengadakan penelitian terhadap seluruh warisan pemikiran Islam yang berserakan di berbagai kitab yang ditulisa oleh ulama-ulama terdahulu. Dan hasilnya dapat kita baca dalam buku ini.
Ketika penulis buku Teori Politik Islam ini mencoba mencari tema-tema politik di dalam berbagai literatur Islam yang ditulis oleh ulama-ulama terdahulu, ia menemukannya dalam berbagai kitab yang tidak secara khusus membahas masalah politik, yaitu dalam kitab Fikih, ilmu kalam, tarikh, filsafat dan adab. Bahkan ia menemukannya dalam kitab tafsir dan syarah hadits.
Rangkuman ‘Teori Politik Islam” dari berbagai sumber itulah yang disajikan dalam buku ini dan menjadi khazanah teori baru bagi komunitas ilmiah. Buku ini merupakan salah satu buku pertama yang membahas teori politik Islam secara Ilmiah sehingga dapat dikatakan merupakan pionir dibidangnya. 
selain membahasa tentang teori politik Islam hasil para pemikir Islam terdahulu seperti Ibnu Khaldun, Ghazali, Mawardi dan lainnya, buku ini juga mengcounter berbagai tuduhan negatif/miring para orientalis seputar politik Islam.

Rangkuman 'Teori Politik Islam" dari berbagai sumber

Seperti apa pembahasan teori politik Islam dalam buku ini? Beberapa puluh halamannya dapat dibaca secara online melalui google books. Silakan akses link berikut ini:  Teori Politik Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *