Wah, senangnya memiliki bayi, ya Ibu. Apalagi semakin hari pertumbuhan dan perkembangannya baik. Bayi lebih cepat mengenal kedua orang tuanya, tersenyum saat diajak bicara dan menunjukkan kemajuan yang baik sesuai perkembangan atau bahkan lebih cepat, hal ini menujukkan bahwa bayi itu cerdas.

Banyak hal yang dilakukan ibu hamil yang tanpa disadari membuat bayi lahir cerdas, diantaranya;

1. Makan makanan bergizi. Setiap hari apa yang kita makan akan membuat bayi juga makan. Makanan yang baik akan membantu bayi tumbuh dengan baik, begitu juga diawal kehamilan di saat pertumbuhan dan pembentukan sel otak. Makanan yang mengadung asam folat seperti sayuran hijau dan buah-buahan seperti jeruk sangat baik untuk dikonsumsi.

2. Mengkonsumsi suplemen tambahan. Biasanya dokter atau bidan tempat Ibu diperiksa suka menyarankan untuk meminum suplemen, minumlah itu untuk membantu kesehatan ibu hamil dan bayinya.

3. Rutin olahraga. Kebiasaan aktif ibu hamil ternyata mencerdaskan bayi. Peneliti studi Elise Labonte Le Moyne, caalon dokter di University of Montreal dikatakan bahwa dalam otak janin dari ibu hamil yang senang beraktifitas lebih matang dibandingkan ibu hamil yang jarang beraktivitas ,atau malas-malasan.

4. Mengajak janin beriteraksi. Sering mengajak bayi dalam kandungan mengobrol, bercerita dan mendengarkan nada musik yang disenangi merupakan stimulasi yang dapat membuat bayi tumbuh cerdas.

5. Berjemur. Berjemur di bawah sinar matahari merupakan sumber vit D yang dapat membantu pembentukan tulang. Ibu sehat bayipun akan tumbuh sehat.

6. Menghindari stress dan berusaha berpikir positif. Janin sangat peka dengan perasaan yang dialami ibunya. Ibu yang selalu tenang dan berfikir positif akan memberikan rangsangan baik untuk anaknya. Tanpa ibu sadari melakukan hal ini menjadi stimulasi untuk anak supaya lahir cerdas.

Itulah beberapa hal yang dapat membantu mencerdaskan bayi anda. Intinya ibu yang sehat, akan membuat bayi tumbuh sehat. Bayi sehat dan mendapat stimulasi dari luar seperti mengobrol, berbincang dan bercerita akan tumbuh dengan cerdas.

Beberapa ibu muslim membiasakan anaknya mendengarkan murotal. Hal ini sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak. Dalam sebuah buku balitapun hafal alquran, seorang anak yang masih balita sudah hafal alquran ternyata lahir dari ibu yang rutin membiasakan membaca al-quran. Anak lahir dengan kecerdasan yang luar biasa, karena stimulasi yang baik dan nutrisi yang baik.

Bagaimana menurut anda, anda memiliki pengalaman mengenai hal ini? yuk bagikan di sini kita sharing mengenai bayi.