Wisata Herbal Penuh Manfaat di Jawa Timur

Bosan berakhir pekan ke pantai dan pegunungan? Kalian bisa mendapatkan pengalaman baru dengan mencoba sederet wisata herbal di Jawa Timur berikut. Kegiatan yang cocok untuk dinikmati pada waktu luang ini bisa tambah pengetahuan Teman Traveler akan tanaman obat lebih dalam lagi. Ada di mana saja? Yuk, intip daftarnya!

Griya Herbal, Batu

Wisata herbal di Jawa Timur, via Instagram/dapur_griyaherbal

Batu nggak hanya terkenal akan pegunungan dan taman bermainnya, di sini Teman Traveler bisa mencoba wisata edukasi bernama Griya Herbal. Letaknya berada di Jl. Lahor No.66, Desa Pesanggrahan, Batu. Ketika masuk ke dalam, kalian akan disambut dengan sejumlah tanaman herbal yang terpampang pada pekarangan pada bagian depan.

Wisatawan dapat bertemu dengan 4000 jenis tanaman herbal sekaligus mengetahui khasiat dengan turut mengolahnya menjadi berbagai macam makanan dan minuman. Tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 11.00 hingga pukul 23.00 malam.

Kampung Herbal, Malang

Kampung Herbal di Malang, via Facebook/Rent-a-Motor

Selain Batu, Malang juga punya wisata edukasi bernama Kampung Herbal yang ada di Jl. KH. Malik Dalam, Baran, Kelurahan Buring, Kec. Kedung Kandang. Sebenarnya wisata ini telah lama ada dan diresmikan sejak tanggal 19 November tahun 2016 silam.

Pengunjung dapat belajar mengenai tanaman dan berbagai macam produk herbal. Mulai dari proses perkembangbiakan, perawatan, hasil pengolahan, dan sebagainya. Beberapa tanaman seperti stevia yang dikenal baik untuk diabetes, temulawak, jahe, dan rosella pun tersedia.

Kampung Genteng Candirejo, Surabaya

Genteng Candirejo, via Facebook/Gunario Agus

Dikelilingi oleh tanaman hijau membuat Kampung Genteng Candirejo memiliki suasana yang menyejukkan. Mulai tahun 2008, kawasan ini dibina oleh Dinas Pertanian Kota Surabaya untuk memelihara tanaman seperti kunyit, jahe, buah naga, dan belimbing wuluh.

Tanaman Hidroponik, via Facebook/Asriyati Nadjamuddin

Ibu rumah tangga setempat juga diberikan pelatihan khusus untuk membuat olahan dari bahan untuk dijadikan minuman untuk dijadikan jamu dan sirup dari tanaman herbal. Minuman kemasan dengan berbagai varian rasa seperti rosela, jeruk selasih, beras kencur, serta camilan berupa dodol, jenang, serta manisan rasa herbal ada di sini, lho.

Kampung Toga, Blitar

Kampung Toga di Blitar, via Facebook/Nur Tajiaturrohmah

Destinasi berikutnya datang dari Kampung Toga yang berkediaman di Desa Genengan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar. Kampung ini memiliki ratusan jenis toga (tanaman obat keluarga) mulai dari kumis kucing, stevia serta produk herbal dengan harga terjangkau. Teman Traveler dapat berjumpa dengan berbagai olahan tanaman herbal dalam bentuk teh, sirup, juga permen.

Tak perlu bingung untuk mengetahuinya, karena setiap tanaman dilengkapi keterangan nama beserta khasiatnya. Menariknya lagi, jika ada warga yang menderita penyakit mereka bisa mengambil serta menggunakan tanaman yang ada di sini secara gratis.

Itulah sejumlah wisata herbal di Jawa Timur yang bisa Teman Traveler kunjungi akhir pekan ini bersama keluarga. Tertarik untuk mampir ke mana dulu nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *