Zina adalah salah satu dosa besar dan perbuatan yang dibenci Allah. Mendekati zina saja sudah dilarang apalagi melakukannya?

Namun sayangnya tak sedikit umat muslim yang terjerat dalam zina. Lebih miris lagi, banyak kaum muda yang juga melakukannya.

Lalu jika sudah pernah berzina, bagaimana cara menebus dosanya agar diampuni oleh Allah? Dalam artikel ini Ayo Membaca akan memberikan artikel bagaimana cara bertaubat dari zina.

 

Ustadz Ammi Nur Baits menjelaskan bahwa setidaknya ada 6 hal yang harus dilakukan untuk bertaubat dari zina. Berikut ini penjelasannya:

1. Menyesali dengan sungguh-sungguh terhadap kesalahan yang dia lakukan

Hal pertama yang harus dilakukan untuk bertaubat dari zina adalah benar-benar menyesal dengan kesalahannya. Penyesalan ini penting sebab dengan penyesalan seseorang akan memahami bahwa apa yang dilakukan adalah salah dan dibenci Allah sehingga menumbuhkan niat bertaubat.

2. Meninggalkan dosa zina dan semua pemicu zina

Konsekuensi dari dosa zina adalah meninggalkan dosa zina dan semua pemicunya. Dia harus menghindari jauh dari pasangan zinanya, kecuali setelah menikah. Menjauhi berbagai aktifitas yang mendekatkan kepada zina. Baik demgan melihat foto ataupun video yang tidak pantas dan melakukan aktifitas yang mendekatkan zina lainnya.

3. Bertekad untuk tidak mengulangi dosa zina

Tanamkan bahwa dosa ini berbahaya. Karena bisa menghalangi anda untuk mendapatkan apa yang anda inginkan, cepat atau lambat. Taubat yang bemar akan menjauhkan orang untuk melakukan dosa yang sama.

4. Dekatkan diri dengan banyak beribadah kepada Allah

Perbanyaklah doa dan ibadah. Perbaiki diri dengan cara menambah keimanan dan ketaqwaan. Dengan iman dan taqwa, seseorang akan terjaga dari perbuatan zina dan maksiat lainnya. Setidaknya dirikanlah shalat 5 waktu.

5. Carilah lingkungan yang baik

Cari teman yang baik yang bisa membimbing Anda untuk menjadi muslim yang baik. Karena lingkungan bisa menjadi pengaruh terbesar bagi kehidupan kita. Anda bisa sibukkan diri anda dengan belajar agama. Semoga ini bisa menguras suasana kotor yang timbul tenggelam dalam pikiran anda.

6. Rahasiakanlah!

Rahasiakan dosa ini kepada siapapun sampai mati… Rahasiakan sekalipun dengan orang terdekat anda.Menceritakan hal ini kepada orang lain justru akan menimbulkan masalah baru. Simpan kejadian ini untuk diri anda sendiri, karena orang lain tidak memiliki kepentingan dengannya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Siapa yang tertimpa musibah maksiat dengan melakukan perbuatan semacam ini (perbuatan zina), hendaknya dia menyembunyikannya, dengan kerahasiaan yang Allah berikan.” (HR. Malik dalam Al-Muwatha’, no. 1508)

Itulah cara bertaubat dari zina sesuai dengan penjelasan dari Ustadz Ammi Nur Baits. Jangan pernah putus asa dari rahmat Allah. Kuatkanlah niat dan lekaslah bertaubat. Ingatlah bahwa kematian semakin dekat dan jangan sampai telat dalam bertaubat. Janganlah pernah mendekati zina dan lekaslah menikah jika memang sudah memenuhi syarat.

Semoga sedikit artikel ini di atas dapat memberikan manfaat dan menjadi bahan renungan. Jangan pernah lelah berbuat baik. Salam membaca dan salam inspirasi!